Bagaimana Seharusnya Memilih Mentor Bisnis Itu?

Bagaimana Seharusnya Memilih Mentor Bisnis Itu

Memilih mentor bisnis  kadang tak semudah yang dibayangkan. Ya, ada  banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dengan  baik agar tak salah pilih. selama ini  kadang banyak yang salah memilih mentor sehingga yang terjadi, bisnisnya bukannya sukses malah rugi dan bangkrut. Semua orang juga  tentu  gak  mau dan gak ingin hal itu terjadi bukan? Ya kalau begitu, maka kemudian anda  sebaiknya lakukan beberapa upaya pencarian, seleksi,  bertanya referensi dan rekomendasi pada  orang dan  cara-cara yang lainnya.

Mentor  Personal atau Kelembagaan?

Saat akan memilih mentor, biasanya kita dihadapkan dengan banyak pilihan. Namun secara umum sebetulnya ada dua yakni mentor secara  personal atau mentor secara institusi. Dalam  hal  ini bentuk dari mento itupun juga berbeda. Misalnya, anda bisa minta seseorang yang anda pikir punya skill bisnis yang bagus untuk jadi mentor anda. Atau anda juga bisa bekerjasama dengan perusahaan business training and mentorship untuk memberikan ilmunya kepada anda dan  perusahaan anda.

Memilih Mentor Bisnis, Begini Seharusnya!

Jika anda benar-benar  ingin memilih mentor, maka sebaiknya anda lakukan segala sesuatunya dengan baik dan benar. Jangan sampai  anda salah dalam menentukan pilihan karena anda harus keluarkan waktu  dan bahkan modal besar untuk bayar mentor  bisnis tersebut. ada baiknya memang anda lakukan beberapa  hal yang seharusnya dilakukan. Apa saja hal yang harus dilakukan itu? coba saja simak  beberapa penjelasannya sebagai berikut:

  1. Memilih mentor berdasarkan kebutuhan

Cara  pertama yang bisa anda lakukan adalah tentang bagaimana caranya anda memilih mentor yang memang didasarkan pada  kebutuhan. Kalau anda butuh ahli marketing, maka anda cari mentor yang ahli dalam hal itu.

  1. Sebaiknya pilih mentor akademisi sekaligus praktisi

Dalam memilih mentor, sebaiknya anda pilih yang memang memiliki kapasitas sebagai akademisi dan praktisi. Jangan yang hanya akademisi, karena biasanya hanya teori saja yang dia pahami.

  1. Pilih yang Sigap Bantu Setiap Masalah

Mentor yang baik itu adalah yang memang bisa sigap membantu  dalam setiap masalah yang memang anda dapatkan. Kalau ada masalah dalam jalannya bisnis anda, maka mau tak mau anda harus mendapatkan bantuan yang memang benar-benar sigap.

  1. Pilih yang sudah terbukti

Tak masalah anda bayar mahal asalkan memang mentor yang akan anda pilih itu sudah benar-benar terbukti dan teruji. Jika begitu, maka akan jadi  sebuah kebanggaan dan keuntungan tersendiri untuk anda. Dengan cara demikian, maka anda akan bisa benar-benar  terbantu banyak.

Semua cara dan juga hal yang bisa anda lakukan dalam proses seleksi mentor bisnis, semuanya semata-mata adalah agar kemudian anda bisa mendapatkan beberapa pilihan cara yang benar. Hal ini tentu akan sangat diperlukan agar supaya tak salah pilih.

Author: admin