Cara Menjadi Bisnis Coah untuk Diri Anda Sendiri

Cara Menjadi Bisnis Coah untuk Diri Anda Sendiri

Mungkin banyak dari para pelaku bisnis yang sukses sudah mengetahui apa itu bisnis coach? Namun jika anda seorang pemula dalam bisnis atau baru akan menjalankan suatu bisnis mungkin kata tersebut akan sedikit asing terdengar. Kebanyakan orang akan membayangkan bahwa fungsi dari seoarang coach adalah untuk melatih atau memperbaiki kehidupan seseoarang agar menjadi lebih baik. Fungsi demikian biasanya dimiliki oleh seoarang life coach. Lalu apa bedanya fungsi tersebut dengan seorang trainer, konselor, dan lainnya?

Apa itu Coah/Coaching?

Secara sederhana coach/Coaching bisa diartikan sebagai salah satu cara pendekatan pengembangan diri agar membuat klien atau coachee mampu untuk mencapai targetnya dengan cara mengembangkan potensi yang dia miliki dalam dirinya. Sehingga coaching ini akan sangat disesuaikan dengan siapa yang akan dicoach agar tidak mejadikan sebuah ukuran menjadi satu untuk semua yang sangat baku. Darisitulah kenapa banyak orang membayar biaya yang sangat malah kepada seorang coach untuk membantu mencapai tujuannya, karena dengan coaching mereka akan dituntut untuk mampu mengembangkan diri dan menyesuaikan kondisi pada diri mereka sendiri. Nah, mungkin sampai disini anda sudah mengerti bahwa coach itu adalah orang yang melakukan hal diatas.

Bisakah Kita Menjadi Bisnis Coach Untuk Diri Sendiri?

Nah, pernyataan ini mungkin akan timbul dibenak anda setelah anda membaca penjelasan diatas, dan jawabannya tentu saja bisa. Mengapa? Karena salah satu teknik yang sering digunakan oleh seorang coach yang mampu untuk kita gunakan juga yaitu powerful questioning. Setiap orang pasti sering bertanya kepada dirinya sendiri, namun masalahnya apakah pertanyaan yang terlontar dalam benak anda itu tepat atau tidak. Berikut adalah bagaimana cara untuk menjadi bisnis coach untuk diri sendiri.

Menerapkan Powerful Questioning

Powerful Questioning merupakan salah satu teknik bertanya yang mampu untuk menghasilkan jawaban untuk memberdayakan orang yang ditanya. Teknik ini bersifat destruktif, netral dan konstruktif. Sebisa mungkin anda harus mampu untuk merancang pertanyaan konstruktif pada diri anda sendiri seperti.

  • Tindakan apa yang harus bisa saya lakukan untuk mendongkrak penjualan bisnis bulan ini?
  • Kepada siapa saya harus belajar untuk dapat menjadi seorang pelaku bisnis yang sukses?

Pertanyaan yang tepat dapat menimbulkan harapan, dan solusi yang nyata tentang bagaimana anda mampu untuk mencapainya. Pertanyaan-pertanyaan diatas tadi memiliki sifat untuk menggerakkan sehingga dapat kita lihat secara jelas tentang apa yang sesungguhnya kita kejar. Maka untuk merancang sebuah pertanyaan konstruktif pada diri anda, anda harus mengetahui terlebih dahulu secara spesifik tentang apa yang anda kejar dan apa yang perlu anda lakukan untuk mencapai semuaitu.

Berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang sangat sederhana, anda akan mulai bisa untuk memperbaiki impian dan goals yang telah anda canangkan pada bisnis anda.

Selamat menjadi bisnis coah untuk diri sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author: admin